Apakah Pengiriman Barang Dikenakan Pajak dan Bagaimana Cara Mengirim Barang Ke Luar Negri?

Mengirim barang ke luar negeri terkadang dibutuhkan baik itu untuk kebutuhan pribadi misalnya untuk keluarga atau kebutuhan bisnis pengiriman antar perusahaan maupun bisnis online. Tentu saja dengan adanya ekspedisi yang mendukung maka proses kirim barang ke luar negeri akan menjadi lebih mudah. Untuk cara mengirim barang ke luar negri juga sebenarnya tidak berbeda jauh saat mengirim barang antar kota.

Untuk proses pengiriman, langkah pertama tentu Anda harus melakukan packing barang terlebih dahulu. Tentu tidak lupa untuk menghindari barang-barang dilarang. Jangan sampai muncul masalah karena mengirim barang-barang yang dilarang.

Tidak lupa juga Anda harus membungkus produk seaman mungkin apalagi mengingat pengiriman paket ke luar negeri yang memakan waktu lebih lama sehingga resiko kerusakan juga lebih besar terjadi. Anda juga bisa mengecek harga terlebih dahulu sebelum mengirim barang karena setiap ekspedisi menawarkan harga ongkos kirim yang berbeda-beda.

Selain ekspedisi, tujuan negara dan juga jalur pengiriman misalnya darat atau laut juga bisa menjadi faktor penentu perbedaan harga. Tidak lupa juga Anda wajib menimbang berat paket dan volume paket termasuk kardusnya karena ini juga akan mempengaruhi harga ongkos kirim. Tentu semakin besar dan berat maka ongkos kirim juga akan lebih tinggi

Cara mengirim barang ke luar negri yaitu dengan membawa paket tersebut ke penyedia jasa ekspedisi yang memiliki layanan kirim ke luar negeri. Sekaligus juga melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen ini juga berbeda tergantung pada kebutuhan pengiriman. Untuk bisnis biasanya juga dibutuhkan invoice serta surat jalan. Anda bisa menghubungi pihak ekspedisi terlebih dahulu sebelum membawa paket ke cabang ekspedisi. Apabila semua persiapan dan dokumen sudah lengkap, pihak ekspedisi akan memberikan nomor resi dan akan mulai memproses pengiriman paket.

Apakah Pengiriman Barang Dikenakan Pajak dan Bagaimana Cara Mengirim Barang Ke Luar Negri


Pajak Pengiriman ke Luar Negeri

Selain pertanyaan mengenai bagaimana cara mengirim paket ke luar negeri, yang sering ditanyakan juga yaitu mengenai pajak pengiriman. Kita tahu bahwa pengiriman antar kota tidak dikenakan pajak karena masih dalam satu negara. Namun bagaimana dengan pengiriman antar negara yang memiliki peraturan serta kebijakan yang berbeda-beda?

Untuk jawaban ini, bisa saja pengiriman dikenakan pajak, bisa juga tidak. Kebijakan pajak ini bergantung pada Kebijakan Bea Cukai di setiap negara tujuan dan juga nominal atau nilai barang serta jenis barang yang dikirimkan. Tujuan pengiriman juga menentukan apakah akan dikenakan pajak atau tidak.

Umumnya, pengiriman untuk kebutuhan pribadi dengan nilai yang kecil seperti hadiah, sampel, atau kebutuhan pribadi lainnya tidak akan dikenakan pajak. Untuk batas nilai barang ini juga akan berbeda-beda sesuai dengan kebijakan negara tujuan yang sedang berlaku.

Kilo.id menawarkan layanan jasa kirim barang ke luar negeri dengan proses yang cepat dan harga yang terjangkau ke berbagai negara bahkan juga melayani pengiriman impor seperti dari India ke Indonesia. Ongkir dari India ke Indonesia juga terjangkau paling mahal Rp 600.000 untuk setiap kg.

Deskripsi : cara mengirim barang ke luar negri cukup mudah dan pajak yang bervariasi bisa dikenakan maupun tidak sesuai kebijakan negara. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Waru Landak Bagi Kesehatan Serta Pengobatan

Mengenal Murai Batu Thailand

Butuhkah Memberi obat Cacing pada Kucing?