Mengenal Murai Batu Thailand

Burung murai batu merupakan salah satu tipe burung kicau yang telah dikenal dikalangan masyarakat. Burung ini mempunyai bentuk yang gagah dan suara kicauan yang merdu. Tak heran apabila harga burung murai lebih mahal dari tipe burung lainnya, apalagi burung murai batu medan.

Mengenal Murai Batu Thailand

Tapi bagaimana dengan murai batu Thailand, apakah kamu telah sempat mendengarnya? Ya, tak sedikit orang mungkin jarang alias bahkan belum sempat mendengar mengenai murai batu Thailand, padahal burung ini telah mulai tak sedikit di Indonesia.


Burung murai batu Thailand tak sedikit ditemukan di negara malaysia yang berbatasan langsung dengan Thailand. Bentuk tubuh burung ini termasuk kecil dan mempunyai ekor yang panjang berkisar antara 34-38 cm.

Tidak sama dengan burung murai batu medan yang aktif beraktifitas, justru burung murai batu Thailand malas bergerak dan malas beraktifitas, dan lebih memilih untuk tak sedikit bertengger di atas pohon. Rasa malas bergerak murai batu Thailand ini mungkin dikarenakan sebab badannya yang kecil wajib menahan beban yang didampakkan ekornya yang sangat panjang.


Ciri-ciri Murai Batu Thailand

Murai batu Thailand mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan tipe murai batu lainnya. Ciri-ciri tersebut antara lain:


1.Bentuk tubuh yang kecil

Bentuk tubuh murai batu Thailand lebih kecil daripada murai batu yang ada di Indonesia. Bentuk tubuhnya agak membulat dan indah dipandang mata. Sekarang telah tak sedikit para peternak burung murai yang mencari-cari burung ini untuk diternakkan sebab penasaran dengan beberapa cerita yang menyatakan keindahan bentuk fisik murai batu Thailand ini.


2.Bentuk ekor yang panjang

Burung murai batu Thailand mempunyai bentuk ekor yang panjang, berkisar antara 34-38 cm.  Bentuk ekornya lebih panjang dari burung murai di Indonesia dan Malaysia. Bentuk ekor yang panjang ini menjadikan desain murai batu ini terkesan lebih indah dan menawan.


2.Warna bulu

Warna bulu murai batu Thailand sangat tak sama dengan warna bulu pada murai batu yang ada di Indonesia dan Malaysia. Sebab, warna bulu murai batu Thailand di tahap punggung dan sayap berwarna biru tua sedikit kehitaman, sedangkan dibagian ekor dan kepalanya berwarna hitam pekat.

Sebab bentuk tubuhnya yang indah dan terkesan eksotis inilah jadi burung murai batu Thailand tak diperlombakan sebagaimana halnya burung murai batu yang ada di Indonesia. Sebab, pada umumnya masyarat di negara Thailand lebih memilih untuk menjadikan murai batu Thaliland ini sebagai burung hias yang dianggap mempunyai kualitas seni yang tinggi.

Penasaran dengan burung murai batu Thailand ini? Jangan khawatir, sebab sekarang murai batu Thailand telah mulai tak sedikit dipasarkan oleh para pedagang burung murai di Indonesia. Tapi, supaya kamu terhindar dari penipuan yang diperbuat oleh oknum-oknum penjual yang tak bertanggung jawab, pastikan kamu mengenal betul ciri-ciri murai batu Thailand orisinil semacam yang telah dijelaskan di atas supaya kamu tak salah beli. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Waru Landak Bagi Kesehatan Serta Pengobatan

10 Kesalahan yang tak jarang diperbuat oleh pemilik kucing