Cara Merawat Kenari yang baik

Bagi penggemar burung yang tak jarang mengikuti lomba alias kontes burung tentu tak asing dengan burung kenari. Para penggemar burung kicau dan para penggemar burung kenari peliharaan dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat. Permintaan pun bertambah sedangkan jumlah burungnya sedikit. Faktor ini menyebabkan naiknya harga burung kenari. Dalam kondisi semacam itu, bisnis merawat kenari alias beternak kenari bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Tapi sebelum merawat kenari terlebih dulu harus mengenal  info mengenai tutorial merawat kenari.

Cara Merawat Kenari yang baik


Ada berbagai poin poin penting yang harus diperhatikan dalam tutorial merawat kenari, yaitu :


1. Pemberian pakan anakan kenari.

Induk kenari biasanya memberbagi makanan terhadap anaknya dengan makanan yang lunak supaya mudah dicerna. Oleh sebab itu sediakan makanan pada anakan kenari dengan makanan yang lunak semacam telur puyuh yang telah direbus dan tepung roti yang empuk. Telur rebus yang tetap fresh harus rutin terdapat selagi 7 hari. Telur rebus berguna untuk menolong perkembangan anakan kenari. Seusai seminggu berbagi tipe makanan yang lain supaya tak membosankan. Variasi makanan itu contohnya apel, wortel, dan sayuran hijau. 

Usahakan makanan  makanan tersebut rutin ada setiap saat supaya kenari bisa tumbuh dengan baik semacam yang diinginkan. Jangan lupa untuk rutin ganti makanan apabila pakan mulai habis alias tersisa sedikit. Dan sediakan air untuk minum kenari dan jaga kebersihan airnya.


2. Mengenal tanda tanda kenari sakit

Kita harus mengenal tanda tanda kenari sakit supaya bisa cepat mencegah dan mengobati kenari jadi nyawanya bisa teselamatkan. Berdasarkan pengalaman berbagai penggemar burung kenari. Biasanya kenari yang sedang sakit mempunyai tanda tanda sebagai berikut : Kenari bakal membasahi tubuhnya dengan air yang ada di dekatnya. Faktor itu biasanya tak jarang diperbuat pada waktu seusai mengerami. Apabila kenari meperbuat faktor tersebut berulang ulang maka tutorial pencegahannya merupakan sebaiknya jangan dijemur di bawah sinar matahari, namun letakkan di tempat yang sedikit hangat.


3. Mabung alias proses alamiah penggantian bulu.

Mabung pada kenari biasanya selagi sebulan alias kadang tak menentu tergantung ciri ciri kenari tersebut. Sebagian penggemar burung menganggap bahwa penyebab mabung merupakan kombinasi usia burung, lama tidaknya kenari terkena sinar matahari, tingkat kesibukan, dan naiknya tingkat hormon.


4. Penjemuran kenari

Hal yang harus diperhatikan dalam tutorial merawat kenari merupakan menjemur burung kenari. Setiap jam tujuh pagi kenari harus dijemur di bawah sinar matahari selagi tak lebih lebih 1 hingga 2 jam tergantung kondisi kenari. Apabila kenari terkesan rutin membuka mulutnya berarti burung kenari sedang gelisah kepanasan. Penjemuran harus segera dihentikan. Penjemuran yang terlalu lama bakal mengdampakkan burung menjadi sakit dan bahkan bisa menyebabkan hilangnya nyawa burung kenari.


5. Memandikan burung kenari

Hal yang tak kalah penting dalam tutorial merawat kenari merupakan memandikan kenari. Memandikan burung itu penting sebab mandi bisa berguna mengusir kutu dan mencegah masuknya bibit bibit penyakit yang ada pada kenari. Sebelum mandi, dinginkan kenari selagi 5-10 menit pasca penjemuran. Kalau butuh di dalam sangkar harus ada tempat mandi yang ada airnya untuk mendinginkan kenari seusai penjemuran.


6. Pakan tambahan untuk kenari

Berbagi makanan tambahan berupa sayuran dan buah buahan. Sebab makanan alamiah dari sayuran dan buah buahan mengandung serat alamiah yang keren untuk menolong sistem pencernaan. Contoh sayuran untuk kenari: daun selada, daun ginseng, sawi putih, sawi hijau, dan mentimun. Contoh buah buahan: buah pir dan buah apel.


Demikianlah panduan tutorial merawat kenari supaya burung kenari terawat, sehat, dan bersemangat dalam berkicau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspadai Resiko Kesehatan Dampak Obesitas

Pertolongan Pertama Pada Penderita Tekanan Darah Tinggi

Mengenal Murai Batu Thailand